Kamis, 07 Januari 2016

Pantai Ngliyep Donomulyo Malang Selatan Bikin Ngantuk

Informasi Umum Mengenai Pantai Ngliyep, Donomulyo, Malang, Jawa Timur.


Gambar Pantai Ngliyep 1
Gambar Pantai Ngliyep 1

Pantai Ngliyep merupakan sebuah bentang alam yang berada di pesisir selatan yang berada menghadap langsung Samudera Hindia atau lebih tepatnya pantai Ngilyep ini berada di Desa Kedungsalam, Donomulyo, Malang, Jawa Timur. Atau berada sekitar 62 km ke arah selatan dari pusat Kota Malang.

Pantai Ngliyep ini mempunyai luas area mencapai 10 Ha yang terdiri atas kawasan hutan lindung, area untuk kegiatan keperiwisataan, kawasan tempat penginapan, dan sebagian untuk lahan parkir.

Adapun fasilitas yang terdapat di objek wisata Pantai Ngliyep ini antara lain pesanggrahan sejumlah 4 buah, termpat penginapan sejumlah 6 buah serta cottage sejumlah 2 buah.


Sejarah Pantai Ngliyep, Donomulyo, Malang, Jawa Timur.


Gambar Pantai Ngliyep 2
Gambar Pantai Ngliyep 2

Pada era tahun 1980-an, Pantai Ngliyep ini menjadi salah satu tujuan wisata favorite yang terdapat di Jawa Timur. Bahkan jauh sebelum destinasui wisata yang saat ini popular di kota malang seperti pantai Balekambang serta Pantai Sendangbiru mulai dikenal olehpara wisatawan, pantai Ngliyep ini sudah lebih dulu dikenal oleh wisatan.

Dan konon menurut cerita setempat pantai Ngliyeo ini pertama kali ditemukan oleh Mbah Atun, yang merupakan seorang perantauan yang berasal dari Jogjakarta pada tahun 1919 dan pantai Ngliyeo ini mulai dibuka secara resmi pada tahun 1951.

Namun sangat disayangkan karena sekarang pantai Ngliyep menjadi kurang dikelola secara baik karena masih terdapat sebuah persengketaan lahan antara pihak pemerintah daerah dengan pihak Perum Perhutani.

Terlepas dari masalah persengketaan lahan Pantai Ngliyep ini mempunyai daya tarik yang begitu kuata melalui indahnya panorama yang hanya bisa anda nikmati di Pantai Ngliyep.

Panorama indah itu disebabkan oleh karena pantai Ngliyep ini mempunyai hamparan pasir pantai berwarna putih yang terasa lembut serta terdapat area bermain yang sangat luas dengan ditumbuhi pepohonan yang sangat rindang, sungguh sangat menenangkan pikiran para wisatawan.

Bahkan deburan ombak pantainya pun sangat menarik untuk dinikmati oleh para wisatawan yang datang ke pantai ini. Karena itulah indahnya dan juga suasana pantai yang menenangkan menyebabkan nama pantai ini menjadi pantai Ngliyep.

Kata Ngliyep ini yang dalam bahasa jawa mempunyai makna setiap orang yang berada pantai ini akan merasakan kantuk dan tertidur (bahasa Jawa: "liyep-liyep").

Pantai Ngliyep ini dikelilingi oleh tebing-tebing yang cukup curam dan berserta hamparan hutan lindung tropis yang menghiasi sekeliling pantai Ngliyep. Terdapat pula sebuah pulau kecil yang bernama Gunung Kombang yang konon disana terdapat sebuah petilasan yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan.



Keunikan Budaya Di Pantai Ngliyep, Donomulyo, Malang, Jawa Timur.

UPACARA LABUHAN DI NGLIYEP
UPACARA LABUHAN DI NGLIYEP.
source image : doyono.malangkab.go.id

Salah satu keunikan budaya yang terdapat di pantai Ngliyep ini adalah setiap tanggal ke-14 pada bulan Maulud (bulan Rabi'ul awal), pantai Ngliyep akan menjadu lebih ramai dari hari biasanya, sebab pada waktu tersebut secara rutin akan diadakan acara labuhan.

Acara Labuhan ini sendiri merupakan kegiatan budaya masyarakat adat Jawa yang berupa acara selamatan dengan menyembelih kambing ataupun sapi yang kemudian akan disedekahkan kepada masyarakat sekitar kawasan pantai.

Namun, sebagian makanan hasil selamatan ini juga akan dilarung ataupun ditebarkan menuju ke tengah laut. Adapun kegiatan labuhan ini telah diselenggarakan secara turun-temurun sejak masa hidup Mbah Atun (seseorang yang dipercaya merupakan penemu pantai Ngliyep ini).

Upacara Labuhan ini diselenggarakan oleh masyarakat Kedungsalam dengan cara membawa sesaji yanh beraneka ragam serya diiringi oleh kesenian Jaranan dan para pemeran pengawal yang mengenakan pakaian adat.

Sesaji yang mereka bawa itu diarak menuju ke Gunung Kombang yang letaknya berjarak kurang lebih 300 m melalui sebuah jembatan dari pesanggrahan Pantai Ngliyep.


Akses Menuju Pantai Ngliyep, Donomulyo, Malang, Jawa Timur.

Gambar Pantai Ngliyep 3
Gambar Pantai Ngliyep 3
Source Image Pantai Ngliyep 1, 2, 3 Click Here..>>
Bila anda berangkat dari Kota Malang, maka pantai Ngliyep ini sangatlah mudah dijangkau dikarenakan sejak tahun 1980 telah memiliki akses jalan menuju pantai Ngliyep yang telah diaspal.

Dan jika anda tak membawa kendaraan pribadi maka anda bisa menggunakan angkutan umum dari Kota Malang, yakni anda bisa memilih untuk naik mikrolet dengan kode jalur GN1, yaitu jalur dari Gadang-Ngliyep.

Atau jika melalui Donomulyo atau mikrolet dengan kode jalur GN2, yakni jalur dari Gadang-Ngliyep yang akan melalui Sumbermanjing kulon atau yang sekarang lebih dikenal dengan nama Kecamatan Pagak, Malang.


Show comments
Hide comments

1 komentar: